Minggu, 21 Agustus 2016

Cara Akses Google Drive dari Microsoft Word

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2015/07/23/170500631/Cara.Akses.Google.Drive.dari.Microsoft.Word




Google punya kabar gembira untukmu yang rajin menyimpan file Microsoft Office ke dalam layanan cloud Drive buatannya. Raksasa internet ini membuat sebuah plug-in agar seluruh file tersebut bisa dibuka langsung dari aplikasi Office.

Umumnya orang-orang menyimpan berbagai dokumen Microsoft Word, Excel dan PowerPoint di penyimpanan cloud agar mudah mengambilnya. Tapi memang tidak semua layanan cloud menyatu dengan aplikasi tersebut, dan dokumen yang ingin dibuka tetap harus diunduh dulu.

Menggunakan plug-in baru buatan Google, semua hal itu berubah. Sekarang kamu bisa menghubungkan Microsoft Office dengan Google Drive. Dokumen dalam format Word, PowerPoint atau Excel, pun bisa langsung dibuka atau disimpan ke layanan cloud itu tanpa harus log inmelalui browser.

Cara mengaktifkan fitur tersebut mudah. Cukup ikuti panduan yang disusun Nextren di bawah ini.

screenshotSign in ke dalam akun Google Drive untuk menghubungkannya dengan Microsoft Word
1. Pertama kamu mesti mengunduh Google Drive plug-in for Microsoft Office dan memasangnya ke komputer desktop atau laptop. Klik di sinibuat mengunduhnya.

2. Setelah plug-in itu dipasang, bukalah salah satu aplikasi Microsoft Office, misalnya Word. Maka akan muncul notifikasi pengaturan plug-inGoogle Drive dan kamu diminta memasukkan email serta passworduntuk otentifikasi.

3. Setelah otentifikasi berhasil, akan diperlihatkan daftar data-data yang akan diakses oleh plug-in tersebut. Setujuilah, maka proses sinkronisasi kedua aplikasi pun dimulai.

screenshotPengguna bisa langsung menyimpan dokumen Word ke dalam Google Drive, atau membukanya tanpa harus log in via browser
4. Selanjutnya, kamu cukup mengklik logo Microsoft Office di sisi kiri atas (Nextren menggunakan Microsoft Office 2007 untuk mencobanya). Pada bagian bawah menu terdapat opsi berupa logo Google Drive.

Jika memilih logo tersebut, maka kamu akan dapat mengakses seluruh file yang ada di Google Drive. Bila ingin menyimpan dokumen baru ke Google Drive pun mudah, cukup pilih logo penyimpanan cloud itu dan pilihlah Save to Google Drive atau Save As.

Maka dokumen-dokumen yang sedang dibuat bisa tersimpan rapi di dalam layanan Google Drive hanya dalam satu langkah sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar